April 2009, Penjualan Yamaha Salip Honda

JAKARTA-Setelah membuntuti penjualan di tiga bulan pertama 2009, Yamaha akhirnya menyalip Honda dan menjadi market leader industri roda dua di bulan April 2009.

Hasil ini cukup mengagetkan bila kita melihat pergerakan Honda di akhir tahun 2008 dan awal 2009 yang dengan gencar mengeluarkan Blade dan Absolute Revo.

Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), di bulan April 2009, Honda membukukan penjualan sebanyak 155.789 unit dengan penguasaan market sebesar 40 persen.

AISI ChartNamun angka tersebut jauh lebih kecil dari perolehan penjualan Yamaha yang mencapai 189.082 unit dengan market share hingga 49 persen. Dan dengan angka tersebut Yamaha pun menggeser Honda di peringkat puncak penjualan motor bulan April.

Sementara pabrikan lainnya seperti Suzuki dan Kawasaki pun juga mengalami peningkatan penjualan dan merebut market share sebesar 9,6 persen dan 0,9 persen atau berhasil menjual masing-masing 36.901 unit dan 3.834 unit.
Dengan hasil tersebut maka secara kumulatif perbedaan di antara seteru abadi Honda dan Yamaha ini pun jadi semakin menipis.

Kepuasan Konsumen

Karena bila di bulan Maret jarak keduanya masih sekitar 44.970 unit maka di bulan April lalu, jarak keduanya pun menyusut jadi sekitar 11.677 unit saja.
Hingga bulan keempat 2009 tersebut secara kumulatif Honda berhasil menjual sebanyak 740.312 unit sementara Yamaha masih menguntit dengan perolehan 728.635 unit.

Promotion Supervisor PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Indra Dwi Sunda menyatakan bahwa hasil tersebut adalah hasil dari kerja keras Yamaha memenuhi kepuasan konsumennya. ”Menurut kami, kepuasan konsumen adalah segala-galanya,” ujar Indra.

Sebelumnya, Sukamto Margono, Marketing Sub Dept Head Astra Motor Semarang mengungkapkan sepanjang 2008 di Jateng Honda masih menduduki peringkat penjualan tertinggi dengan pangsa pasar mencapai 48,4%.

”Secara nasional pangsa pasar kami juga masih yang tertinggi, yaitu 46,3 persen, dengan angka penjualan selama satu tahun 2.874.576 unit.”Sukamto menyatakan untuk mempertahankan pangsa pasar ini pihaknya menerapkan beberapa strategi, antara lain memperluas segmen pasar. ”Saat ini dan ke depan,  Honda membidik pasar anak muda,” ujarnya.(bn, dtc-59)

sumber : suaramerdeka.com

Published by

Lili Sofia

InsertNumLock is a blog on topics like internet tips, blogging, technology and software. This blog is managed by Lili Sofia, who is a blogger from Bandung, Indonesia. He is a Mechanical Engineer with some skills of Graphic Designing, Writing and Procurement Specialist. Most of the time She is found with his laptop for Graphic Designing, Writing Etc. If you want to contact us or want to get in touch with us then mail us at lili.sofia86@gmail.com

2 thoughts on “April 2009, Penjualan Yamaha Salip Honda”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s