Fungsi LAS (Lean Angle Sensor) V-ixion

Lean Angle Sensor
Lean Angle Sensor

Ada yang pernah jatuh dari motor ga, ato motor temen-temen jatuh saat motor temen-temen masih dalam kondisi mesin menyala. Yang pasti setelah motor sobat terjatuh, dipastikan motor sobat mati otomatis. Pada saat motor sobat terjatuh, bahan bakar di dalam karburator akan tumpah dengan sendirinya mengikuti posisi motor yang terjatuh tadi, hasilnya supply bahan bakar ke dalam runag pembakaran akan terhenti dan secara langsung mesin motor mati…..

Bagaimana dengan motor injeksi saat motor injeksi sobat terjatuh, bukannya tidak memakai karburator lagi, bisa bahaya kan saat motor injeksi terjatuh sedangkan mesin motor tetap menyala karena supply bahan bakar terus dipompa oleh fuel pump.

Untuk Mengatasinya, Pabrikan Sepeda Motor Yamaha mengaplikasikan LAS ( Lean Angle Sensor ) pada V-ixion yang berfungsi memutuskan sistem kerja mesin sehingga saat motor dalam posisi terjatuh, sensor segera bekerja berdasarkan sudut kemiringan posisi motor sobat. Sudut Kemiringan yang diijinkan oleh sensor adalah 0o -60o

Pada saat motor dalam posisi lebih dari 60 degree, LAS mengasumsikan motor dalam keadaan terjatuh atau mengalami kecelakaan, sehingga menghentikan semprotan nozel / Injeksi ke ruang bakar.

Semoga bermanfaat bagi sobat semua………

Penulis : wahyu.aziz

ruangmaya.wordpress.com

Published by

Lili Sofia

InsertNumLock is a blog on topics like internet tips, blogging, technology and software. This blog is managed by Lili Sofia, who is a blogger from Bandung, Indonesia. He is a Mechanical Engineer with some skills of Graphic Designing, Writing and Procurement Specialist. Most of the time She is found with his laptop for Graphic Designing, Writing Etc. If you want to contact us or want to get in touch with us then mail us at lili.sofia86@gmail.com

9 thoughts on “Fungsi LAS (Lean Angle Sensor) V-ixion”

  1. jadi, kalo kemiringan diatasa 6o’, mesin mati dan lu pasti jatuh dong? makanaya aku jatuh pas ditikungan miring banget.langsung berguling2 di aspal.. hehehe

  2. Kira2 kalo Rossi nikung tu berapa derajat seh mas..??Soaele gw pernah nikung banget ampe dengkul nyium aspal tp Vixi gw gak matee..

  3. waaaaaaa….trimakasih atas infonya kakak/om/bos…..aku kira motorku gag nyala setelah pasang undertail gara” aku salah nyolok dan terjadi konsleting pada ECU’a….hohoho…setelah saya baca artikel ini…ternyata saya udah asal menempatkan LAS itu..huhuhu…sekarang muturku hidup kembali!!!!!….TRIMAKASIH banyakkkkk!!!!

  4. trims infonya,langsung di praktekin..!
    kebetulan motorku habis di lepas aki-nya,dan LAS sempat dilepas dari dudukanya,lama di stater ga hidup2..
    stelah browsing.. ketemu deh pemecahanya..!
    thanks broo.. motor bs buat ngais rezeki lg besok pagi…!
    salam bikers…!

  5. klo motor gw pas dihidupi lampu depannya kilometernya langsung mati trus lampu indikator kuningnya nyala trus knp yah?????kadang2 akinya langsung tekor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s