Problem V-Ixion Oper Gigi Kasar, Nok Harus Sejajar

Mungkin temen-temen sesama pengguna Yamaha V-Ixion sering mengalami kasarnya proses oper gigi ataupun pada saat masuk gigi pertama. Dari informasi dari blogger – blogger yang sering membahas Yamaha V-Ixion, ada yang mengatakan oli mesin yang tidak cocok dan permasalahan lain.

Masalah kerasnya Oper gigi V-Ixion juga sering saya alami, terutama pada saat pagi hari waktu mesin masih dingin. Iseng2 browsing ada informasi penyebab dan solusi Problem V-Ixion Oper Gigi Kasar. Berikut kutipannya :

OTOMOTIFNET – Pernah suatu ketika, bengkel resmi Yamaha Amie Jaya Motor (AMJ) menerima keluhan konsumen pengguna Yamaha V-Ixion. “Keluhan seputar susahnya saat oper gigi. Terutama pada posisi persneling netral,” ucap Yayat Suryana, kepala mekanik bengkel AMJ.

Dengan bekal keluhan itu, pria berkumis tipis ini melakukan beberapa pengecekan dan tentu sekaligus memberikan solusi. Lho kok mesti melakukan beberapa observasi Pak? “Hal itu karena, ada beberapa penyebab yang membuat V-Ixion susah oper gigi,” jelasnya.

Pengecekan pertama, memastikan posisi nok yang ada pada tuas penekan kopling dan nok yang ada di karter mesin sejajar (gbr.1).

“Bila kedapatan 2 nok itu tak sejajar, maka saat tuas kopling ditekan, mekanisme kopling tak bekerja semestinya. Akibatnya, saat melakukan oper gigi akan terasa keras,” terang Yayat.

Nah ada 2 solusi yang bisa dipakai, untuk membuat 2 nok tersebut sejajar lagi. Pertama, lakukan penyetelan yang ada pada pangkal slang kabel kopling (gbr.2). Untuk keperluan tersebut, alatnya cukup pakai kunci pas ukuran 10.

“Bila 2 nok itu belum sejajar, lanjutkan penyetelan berikutnya. Tapi sebelum melakukan solusi yang ke-2, pastikan setelan yang ada di pangkal slang kabel kopling dalam posisi seperti semula,” anjur mekanik cekatan ini.

Untuk cara ke-2, dilakukan penyetelan pada batang penekan pendek tuas kopling. Nah solusi ini pengerjaan dan alat yang dibutuhkan agak banyak. Pasalnya posisi batang penekan pendek tuas kopling, ada di pelat penekan kampas kopling (gbr.3).

“Alat yang mesti disiapkan, kunci T-8 dan kunci pas ukuran 17. Alat-alat tersebut dipakai untuk melepas bak kopling dan tuas starter. Selanjutnya untuk penyetelan, diperlukan kunci pas 10 dan obeng kembang,” lanjut Yayat.

Cara penyetelannya dengan terlebih dulu mengendurkan mur ukuran 10, yang dipakai untuk mengunci batang penekan pendek tuas kopling. Selanjutnya baru memutar batang keluar atau ke dalam, sampai 2 nok tersebut bisa sejajar.

Bila masih susah oper gigi, maka mesti dicek pada part yang namanya tuas penekan kopling. Menurut Yayat, ada kemungkinan terdapat masalah pada batang tuas penekan kopling (gbr.4), sehingga mengganggu kinerja part tersebut saat hendak oper gigi.

Sumber : Otomotifnet.com

51 responses to “Problem V-Ixion Oper Gigi Kasar, Nok Harus Sejajar

  1. Halo,saya beli vixion januari 2009 wrna merah maroon.Pd awalnya saya sangat senang,tetapi 2 bln kemudian kok mesin jd kasar suaranya,getaran terlalu tinggi,bunyi mesin ndrodog,trus di jika ditekan tuas kopling suara ndrodog lumayan hilang.Melaju 100 aja suaranya sampe mesin mau pecah.Akhirnya agustus 2009 saya bawa ke bengkel resmi Yamaha katanya ”INI NORMAL MAS”,MASAK SPT INI DIBILANG NORMAL?jwbku.Mereka gak mau melayani Klaim motorku,knapa kok susah ya??KATANYA GARANSI MESIN 3 TAHUN???MANA JANJINYA???ya sdh saya pindah bengkel,Yamaha Resmi juga.Mereka tau motorku tdk normal tetapi tdk mau jg untuk ngurus Klaim.Ya sdh saya gak mau bertele tele akhirnya saran mekanik utk ganti rmh kopling,saya tebus 305ribu. 1 minggu jalan lumayan enak,tp setelah 1minggu kambuh lagi.jika di geber sedikit saja sdh ndrodog spt pengen nambah gigi perseneling,pdhal sdh pol di gigi 5,masak Vixion kalah sm Fit-X ???Akhirnya saran mekanik desember 2009 Turun mesin total,5hari motorku dibengkel.Yg diganti Laher Grukass,laher Noken as kmudian di tirus di as kopling,katany melebar.Hbs 350ribu sdh bisa motorku jalan lg.Hari pertama mantap,tenaga Oke,Mesin halus,lari kencang.Eh lg 1 minggu blm ada kambuh lagi.Sampai2 saya bosan dg Vixionku.Tolong bantuannya ya,apa yg harus saya ganti lagi?makasih

  2. Kalo permasalahan mesin V-Ixion agak keras setelah kita pakai, umumnya setelah beberapa bulan…. itu wajar mas, semua motor seperti itu, apalgi jika pada saat motor inreyen (Motor perlu perlakuan khusus), tidak boleh digeber dulu, Km 0 -500 km putaran mesin tidak boleh melebihi 3000 km/h. Jika itu dilanggar, suara mesin menjadi keras, karena pada awal pemakaian, posisi part perlu penyesuaian.
    Kalau hanya suara mesin kasar, tentu Bengkel Yamaha menolak klaim, kecuali ada kerusakan mesin atau Injeksinya bermasalah, coba anda klaim ke YMKI Pusat. Kekurangan V-ixion memang berat larinya kalo udah mencapai 100 km/h, mesin bergetar banget.

  3. ya bener mas vixion mesinnya kasar motor baru aja ko kaya motor dah lama ngederogdog,ama suara nelitik gtu apanya ya?apa itu ga masalah?

  4. Betul,motor baru spt motor lama. Mslh yg claim garansi,stelah turun mesin terbukti laher besar dua2nya sdh jelek(gotrinya ada yg pecah),rmh kopling juga dah eror. Masak ndak ada garansinya? Knapa yamaha gitu?beda sm Honda,mtr udah 1thn ngebul,langsung d tukar blok komplit dg seher+ring tanpa biaya.di ambilkan dr motor baru yg ada di dealer.kmbali ke vixion,stlh turun mesin gagal,ya sdh ku jual saja vixionku

  5. wah mungkin ini masalah saya selama ini, saya suka susah sekali me-netralkan perseneling atau pada saat oper gigi. ketika saya di lampu merah (motor udah dipake jalan beberapa jauh) saat tuar kopling ditekan abis kok motor masih jalan dikit-dikit yak (kayak kopling tidak ditekan full).

    apa ada yang pernah punya masalah kayak saya ?

    Thanks, salam

  6. hallo
    q mw tanya knp kalau v-xion punya q jalan 100 lebih mesti agak ngadat-ngadat gitu ya bang ?
    solusinya gmn?
    tolong ya bang blog
    thank you ……

  7. motor vixion q mbrebettt,,,,
    trus pas tak ganti blombongan suranya parah bgt, mledak” gag karuan gtu…
    gmn solusine dap????????????????/

  8. Bukan mo memperkeruh suasana bro2 sekalian, tp vixion gw jg suaranya rada kasar n kalo ngegas di gigi 2 keatas dari rpm bawah jd + keras suaranya ky mesin jait, knapa yak? padahal baru beli gress bulan juni 2010 kmrn…
    gw masih mo coba 1 solusi dari temen2 yg pake vixi jg yaitu pake oli motul/shell/castrol, emang sih sekarang gw masih pake oli yamalube…yah klo ga nolong juga terpaksa awal taun depan gw pindah pabrikan..he3

  9. Komplain aja bro Evo ke YSS nya. Ane pake VIxi keluaran pertama, dah ganti 1 set Kopling ama Injection nya .. all free cash.

    Mereka responnya cepat, asal kita service rutin aja.

  10. halo, saya beli vixion november 2008, motor vixionnya dah jatuh 3 kali tapi gak parah2 amat jatuhnya. nah sekarang stangnya tu klo di pake di jalan jelek kerasa ngegetruk kyak yang mau lepas. saya dah ganti comsteer tapi masih kerasa problemnya klo di pake ke jalan jelek. jika ada yang tau minta info dong? mohon ya bantuannya. saya beli comsteer nya sekitar 500 rebu dah gitu inden dulu lagi. saya di bandung.thanks…..

  11. wAach..vixi nya kox dh pada paah2 tow..?
    pdhL vixion tu kan jg pnya bnyk klebihan…yg jelAS Irit nya bukan maen…

  12. vixion ane juga klo di geber mesin kya yg mau meledak ni bro,,terus bensin ko boros banget y pdhl serveis rutin,,,pindah dari gigi 1 ke gigi 2 terasa kasar,,terus tenaga g berasa..

  13. share aja niy vixie ane blum ad setaun dah ganti comesteer,so far pake pertamax plus and motul gak ad masalah di tenaga.

  14. kalau buat geber kalian salah pilih motor,aku juga punya vixion dah pake ban besar tapi lari tetep mempuni

  15. salam vixionlovers

    mau tanya nih bro,jarum rpm meterku error,kondisi langsam kok nunjuk 4000rpm,malah kadang 8000rpm,anehnya begitu throtle gas di buka jarum malah bergerak turun.
    kondisi motor baru 1 tahun.

  16. aq pnya vixion 2009 suarax kasar bgt, q coba bawa d servis eh kata mekanik seker ma blok perlu diganti,gimana yamaha dgn garansi 3 tahun nya kuk gk ada tindakan

  17. Motorku vixion jg 2010 akhir. Pusing bnyak bt masalah’a.suara’a kasar kopling slip.. Cepet panas. Over gigi susah,, dtambah lg tarikan’a berat broo..gigi5 ja msih berat.. Mau tanya solusi’a

  18. bang gw mau tanya bang, sama solusinya.
    motor Vixi gw kok bunyinya kasar(ada swara icik-icik kya otomatis keteng ato kleep nya ga pda posisi yg bener!,apa mlahan Sekher’a da rusak(tp gak kluar asep/Gak NgebuL)
    apa yg btuh di benerin(bingung) padahal keteng udah gw ganti baru.

  19. Om kalo vixi nya neutral terus gimana om solusinya…abis semalem vixi ane mogok…digas rpm naik tapi ga ada tenaga..giginya kayaknya netral terus…mohon bantuannya om

  20. vixion sy ga knp2 tuh slma ini,ok mslh kopling sdkt bnr tp stlh dsrvice d amie jaya motor sm mekanikny mslhny brkrg,klo smw emg pggmar yamaha n pnya mtr ymaha sblm vixion shrsny tw karakter mesin yamaha itu emg lbh ksr dbnding mtr2 merk lain krn jstru dstu powerny keliatan n klo dblg vixion brt trknny cba aj mainin gigi 3 spe rpm 8 trs gti gigi 4 kcptn 110 gmpg bgt dptny,n saya coba blg aj mtr saya setiap hari dr jl rya bogor msk jl. H. juanda depok dlm wktu ga lbh dr 10 dtk speed mtr sya ud bs 130km/jam, percaya?? H A R US !!!!

  21. kok pda ngluh to mslah vixi?bneran xan pnya vixi?po c5 waton kmen aja?bktnya mtor vixiq tiap hr tk gber gak da mslh tu

  22. punya ane juga gan, vixi 2009 akhir. suaranya kasar kalo panas, kayak motor gak pake oli mesin, suara mesinnya kedengeran banget. ane jadi nyesel gan beli vixi. cuma menang tampang aja.

  23. vixion ku udh 2 X turun mesin ganti blok, payung klep, rntai api, pelatuk klep….msih jga bunyi kasar tak karuan…malu ngajak vixi jln”…bagus jalan bawa motor vespa ja”….

  24. untuk masalah vixion tentang kopling keras atau oper gigi ‘njetruk’…aku ngalamin. vixi ku pernah kayak gitu, aku coba bawa ke Beres Yamaha,,,kata teknisi nya kampas koplingnya mesti di ganti…aku setuju aja..awalnya tarikan OK, tapi udah 2 bulan kayak gitu lagi…terus aku bawa lagi ke Beres yang lain..teknisi nya bilang ini kok plat kopling nya kebalik masangnya…kebetulan aku masih awam…aku cuma melongo…ditambah ngeliat kampas sama plat koplingnya gosong…akhinya ganti lagi kampas kopling sama plat kopling…eh gitu lagi udah 2 bulan, pas ke Beres lagi teknisi bilang ini kebalik pasang plat nya padahal masih pasang di Beres yang sama tapi beda teknisi, nah agak lumayan deh sampe 4bulan…terus ksini nya kalau oper gigi satu suka loncat…coba setel sana sinimasih aja…terus aku coba beli punya nya scorpio, dan pasang sendiri soalnya udah sedikit gak percaya sama Beres,…kampasnya lebih tebel dari punya vixi..pas dipasang…mantap bro…sekarang udah 4 bulan masih ok…gak ada masalah sama sekali….oper gigi juga halus…ditambah setel ini itu..geber 110kmh tiap hari kalau mau kerja di jembatan pasopati bandung gak ada mbrebet…gak ada kata meledak ledak juga knalpot asal rajin bersihin kepala busi aja…gak geter juga..paling cuma kalau pelan kerasa goyang..soalnya ban nya benjol…hahaha…

  25. gak da tuh solusi yang jelas….
    aku juga penunggang vixi…..aku pnya masalah juga,kalo mesin dihidupin mesin agak berdetak..tapi setelah klos ditekan mesin malah jadi halus….
    kata mekanik nya masallah pada rumah klos..harus dibongkar lalu dibawah ke tempat bubut(bukan dibubut) kemudian karetnya diganti…gitu cara ngakalinya
    aku blum ngelakuin…
    kurang ngerti…maksdnya apa yah?..

  26. saya juga punya masalah nih sama vixion, motor gw vixion 2012 km baru jalan 1500 tapi kenapa ya kalo di geber di atas 5000rpm getarannya terlalu bgt sampe ke setang kemudi, plis help me apa ada yg salah dgn motorku, bensin pake pertamax oli yamalube.

  27. ngeri banget nih, padahal bulan depan mo credit vixion, tp masalahnya kayanya banyak bgd ya?? mengerikaan, gimana nih dah terlanjur cinta ngeliatnya.. tapi jadi ragu nih..

  28. Vixi Putih Agustus 2011 Ane gampang mati sendiri..apalagi jika habis dari kecepatan tinggi ngerem mendadak padahal full kopling knalpot meledak..dhuaaar..dan mesin mati sendiri….Ane bawa ke bengkel Resmi sampe servis gratisan habis, masalah juga tak kunjung padam…padahal saran mekanik pake full pertamax, busi iridium ane penuhi syarat2nya… akhirnya ketika ane service yg make ongkos untuk pertama kalinya, mekaniknya bilang ini masalah pada throtle…disarankan klaim garansi ke Dealer…whats! wah ini proses bakalan ribet makan waktu nih, apalagi ane beli vixi lewat leasing.

  29. Aq jg ngrasain hal yg sma,vixi q msih bisa d gber mpe 125kmph tp ko ksr bgt,dah gtu klo jln pln malah brat,smpt jg wktu service pke injector cleaner enk bgt trikannya,tp cm thn seminggu,trus aq coba pke oli shell advance jg g ngaruh,.Tuh knp ya?aq jg sring buka as roda blkng q cek lakerny aqk sret pas maw q gnti d dealer resmi mlh ga bleh ktny msih bgus,trus beda jg tarknnya klo abz d cuci,,agk ringan dikit..Gmn ya crny biar enk trikannya…

  30. bro,g mau tanya kalo stut kopling g udah aus brapa biaya nya ?? karna kopling g tarik kadang 2 engak masuk atau susah netral ? kampas udah diganti tapi kok kaya lepas waktu tuas kopling ditarik ???

  31. ternyata vixi banyak masalahnya kayak punya aq thn 2011 awal awal beli mantap setelah 1thn kesini bnyk kerasanya bro.. pdhl mtr jarang dpke jauh,,

  32. Vixi gw baru 9bln, habis di pake mudik lebaran kmarin suara mesin agak kasar tp tarikannya msh mantap gigi5 rpm 9rb bisa tembus 110km/jam kndisi boncengan
    Oli pake enduro racing, CO+6, busi stdr, bbm pake premium..

  33. ganti pake pear kopling tigi, n kampas kopling tdr yg tebal lima 5 lembar. dijamin dah nda sulit lagi ngopernya.. hehehe

  34. VIXION. mnrut pngalaman saya ,klu susah menetralkan setelah jalan, cuci pakai bensin kampas klos nya dengan bensin,lalu bersikan dan pasang kembali, agak dikencangkan saja baut yg di tutup kampasnya..

  35. saya juga punyakeluhan dengan vixiq ini, koplingnya kadang tidak bisa ditarik full, hanya bisa setengah aj, tapi setelah dipakai beberapa metr, koplingnya dah kmbali normal,itu kenapa ya…??????

  36. Kawan2 senasib gw juga sama awal 2013 beli Vixion, gejala awal sdh muncul suara mesin kasar, terdengar seperti ketukan lalu gw bawa ke bengkel resmi setelah dicek ternyata di piston ada bekas gesekan pada sebelah bidang samping akhirnya diputuskan ganti piston berikut boringnya (gratis) memang ada perubahan suara mesin agak halus tapi blm seminggu muncul masalah lain yaitu kalau pagi atau baru mau oper gigi satu verseneling terasa agak kasar sampai2 motorku seperti mau loncat,……………….gimana nich YAMAHA ?

  37. prmasalahan pd mtor vixion tergantung dri perawatan. sy punya vixion 2011 jarak tempuh perhari 80 km. skr sudah mencapai 70000 km tetapi tidak ada mslah yg berarti, hanya service awal sj. gak pernah ada msalah, tarikan ok cm ada beberpa syarat utk mtor vixion.
    pertama pk bbm beroktan tinggi minimal pertamax di jamin mesin halus tarikan ok. krena pengalaman pernah pk premium mesin kasar dan msuk gigi awal sk lompat.
    kedua ganti oli stiap 2000km di jamin mtor anda ga ngerongrong.
    ketiga air coolan ganti stiap 9000km.
    di jamin mtor anda bebas pengeluaran besar..
    sian info dari sy.. slm brotherhood….

  38. sama vixi w lau di tarik ngedrudut terus star awal g ad tenaganya ap solusinya yah brow……………………

  39. new vixi w kalo Rpm dari 5000-6000 knapa geter krasa bgt ya ( dlm keadaan panas, kalo dingin geter tapi ga parah)? tapi di atas 6000 sampe 8500 dan di bawah 5000 ega…. itu normalnya vixi ato hrus berbuat ssuatu nih?

  40. heloo..hanya sekedar berbagi saran ya broo..; klu ane pas motor bru turun pertama kali pake, itu harusnya pakenya woles woles aja broo (gak usah digeber2 alias kalem aja..) dan masalah pergantian gigi juga klu bisa kalem aja gak usah jebrat jebret ketika ngoper gigi.. (cukup pake feeling), insya allah selama itu tdk ada masalah smp saat ini hehehe.. silahkan buktikan ya..thanks..

  41. emang om. vixion punya ane juga begitu. suara ganti gigi dari nol sampe 2 itu jedak jedok. udah habis 470 rb benerin nya masih juga sama. setiap ane mengeluhkan ke orang atau dealer selalu jawabnya “emang gitu kalo motor besar… wajar”. lalu ane bilang. motor honda megapro punya bokap kok enggak. jawabannya miris “lha jgn bandingin ama honda dong. kan beda” beda di mananya pikir ane. lha kan motor besar. kapok ane beli vixion sumpah. capek bgt dengan keluhan2nya. itu baru baru keluhan 1. belom suara ngeden kalo di putar RPM tinggi. ngeden nya gak umum. bilang biasa lagi ane tampol :v . keluhan nomer 3 tempat jok yg gak nyaman. emang bisa di akali dgn menpapras jok tapi butuh modal lagi. dan keluhan yg semua motor besar miliki adalah… nyiprat air ketika hujan ke penumpang belakang. penumpang depan enggak? ya kena juga om. tapi yg kasian kan yg belakang biasanya bawa cewek :). kalo masalah ini udah gak ada obat. pake spark bor ninja?? masih. pake ban kecil mungkin solusinya. tapi mosok motor besar pake ban kecil. hadeh motor besar terutama vixion gak lagi2 dah beli. mending satria FU. kecil nyaman gk banyak keluhan

  42. pagi mas,,,dan para pecinta vixion,,saya mau tanya knp vixion saya saat oper gigi motor saya lompat seperti kopling tak berfungsi,,,mohon infony apa yang harus saya perbuat pada motor vixion saya terimaksih

  43. Ni aqu mau tanya kenapa accu motor gwa ko gx tahan lama…?

    dn ada 1 lagi kenapa kontaknya terkadang gx mau on

  44. Bro kenapa ya kemaren kan ane abis ganti knalpot SKR ke NVL ane,nah kalo ane ganti gigi dari gigi 1 ke gigi 2,persneling belakangnya itu nyangkut ke standar 2 sampe gigi seterusnya,tolong bro bantu jawab ke delonshuffler@gmail.com

Berikan Balasan

